Kamis, 10 Januari 2013


REKAYASA PERANGKAT LUNAK


·         Pengembangan berorientasi objek
1. Berorientasi objek analisis, desain dan pemrograman yang terkait namun berbeda.
2. OOA berkaitan dengan mengembangkan model obyek dari domain aplikasi.
3.OOD berkaitan dengan mengembangkan model berorientasi objek system untuk melaksanakan persyaratan.
4. OOP berkaitan dengan relaising OOD yang menggunakan bahasa pemrograman OO seperti java atau C + +.

·         Karakteristik OOD
- Objek adalah abstraksi dari entitas dunia nyata  atau sistem dan mengelola sendiri.
- Benda informasi independen dan representasi.
- Fungsi sistem dinyatakan dalam hal layanan objek.
- Daerah data bersama dieliminasi. benda berkomunikasi melalui pesan lewat.
- Benda dapat didistribusikan dan dapat mengeksekusi secara berurutan atau paralel

·         Keuntungan dari OOD
- Mudah perawatan. benda dapat dipahami sebagai entitas yang berdiri sendiri.
- Benda yang berpotensi dapat d igunakan kembali komponen.
- Untuk beberapa sistem, mungkin ada pemetaan yang jelas dari entitas dunia nyata ke objek
   sistem.

·         Objek dan kelas objek
objek adalah sebuah entitas yang memiliki negara dan satu set didefinisikan operasi yang beroperasi di negara itu. negara yang direpresentasikan sebagai seperangkat atribut objek. Operasi yang berhubungan dengan objek menyediakan layanan ke objek lain (klien) yang meminta layanan ini saat perhitungan beberapa diperlukan. objek diciptakan menurut beberapa definisi kelas obyek. definisi kelas objek berfungsi sebagai template untuk objek. itu termasuk deklarasi dari semua atribut dan servies yang harus dikaitkan dengan obyek dari kelas itu.

·         Bahasa pemodelan terpadu
- Notasi yang berbeda untuk menggambarkan berorientasi obyek desain yang diusulkan pada       1980-an dan 1990-an.
- Bahasa pemodelan terpadu merupakan integrasi dari notasi.
- Ia menjelaskan notasi untuk sejumlah model yang berbeda yang mungkin dihasilkan selama analisis dan desain OO.
- Sekarang standar de facto untuk pemodelan OO.
 
·         Karyawan kelas obyek (UML)

Karyawan
name:string
address:string
 dateOfBirth: Date
 employeeNo: string
 department: Dept
 manager: Employee
 salary: integer
 status: {current, left, retired}
 taxCode:integer
. . .
 join ()
 leave ()
 retire ()
 changeDetails ()

·         Objek komunikasi
- Konseptual, obyek berkomunikasi melalui pesan lewat.
- pesan
   1. nama layanan yang diminta oleh obyek memanggil;
   2. salinan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan layanan dan nama pemegang untuk hasil   layanan.
- Dalam praktik yang, pesan sering dilaksanakan oleh panggilan prosedur.
1. Nama = Nama prosedur;
2. informasi = daftar parameter.

·         Generalisasi dan warisan
- Benda adalah anggota dari kelas yang mendefinisikan jenis atribut dan operasi.
- Kelas dapat diatur dalam hirarki kelas dimana satu kelas (super-class) adalah generalisasi dari satu atau lebih kelas lainnya (sub-kelas).
- Sub-kelas mewarisi atribut dan operasi dari kelas super dan dapat menambahkan metode baru atau atribut sendiri.
- Generalisasi dalam UML diimplementasikan sebagai warisan dalam bahasa pemrograman OO.
 
·         Keuntungan dari warisan
- Itu adalah mekanisme abstraksi yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan entitas.
- Itu adalah mekanisme penggunaan kembali pada kedua desain dan tingkat pemrograman.
- Grafik warisan adalah sumber pengetahuan tentang domain organisasi dan sistem. 

·         Masalah dengan warisan
- Kelas objek yang tidak mandiri. mereka tidak dapat dipahami tanpa merujuk pada mereka super-kelas.
- Desainer memiliki kecenderungan untuk menggunakan kembali grafik warisan dibuat selama analisis. dapat menyebabkan inefisiensi signifikan.
- Grafik warisan dari analisis, desain dan implementasi memiliki fungsi yang berbeda dan harus dipertahankan secara terpisah. 

  Server dan objek aktif
1. server
- Objek diimplementasikan sebagai proses paralel (server) dengan entry point sesuai dengan operasi objek. jika tidak ada panggilan yang dibuat untuk itu, objek itu sendiri menunda dan menunggu permintaan selanjutnya untuk layanan.
2. aktif benda
- Benda yang dilaksanakan sebagai proses paralel dan keadaan obyek internal dapat diubah oleh obyek itu sendiri dan bukan hanya dengan panggilan eksternal.

Nama : Wiwik.S
NPM : 101100090
Ekstensi / Semester 5